Kajian TAMAMI Kitab QOBASUNNUR AL-MUBIN

TIPE dan MODEL HATI MANUSIA

RANGKUMAN KAJIAN TAMAMI (Talim Malam Minggu) Sabtu 7 September 2013
Kajian Kitab Qobasunnur Al-Mubiin / Ringkasan Ihya’ Ulumuddin

Hati Manusia dalam keteguhannya dalam kebaikan dan keburukan terbagi Menjadi 3

1- Hati yg dimakmurkan dengan ketakwaan, sudah dibersihkan dengan Latihan/Riyadhoh, dan suci dari akhlak yg tercela. Hati yg seperti ini akan menampung berbagai macam ilham kebaikan dari Gudang Alam Ghoib anugerah Allah dan dari para Malaikat, sehingga hatinya akan selalu terarahkan dalam kebaikan, hidayah dan Nur. Dan hati tersebut juga mendapat dukungan Taufiq dan pertolongan dari Allah SWT. Dan dari hati itulah akan terbit Cahaya yg terang dari Lampu Allah SWT. Itulah Hati Muthmainnah yg diisyaratkan dalam firman Allah SWT
ألا بذكر الله تطمئن القلوب dan juga Firman Allah : يا أيتها النفس المنطئنة
2- Hati yg terabaikan, tidak terurus dan dipenuhi dengan berbagai macam hawa nafsu, yg terkotori dengan Akhlak yg tercela dan yg keji, yg di dalamnya pintu-pintu syetan terbuka, yg di dalamnya pintu-pintu malaikat tertutup. Dan Permulaan kejelekan dalam hati tersebut dengan tertampungnya berbagai macam bisikan kejelekan dan hawa nafsu dan dia sudah stanby di dalam hati tsb. Dan hati pun terkadang melihat kepada hakim (akal) agar meminta petunjuk bagaimana caranya melaksanakan hal yg jelek tsb dg benar. Sehingga akalnya sudah terbiasa untuk membantu hawa nafsunya dan sudah senang dan senantiasa mencarikan ide dan trik bagi nafsunya tsb. Maka Nafsunya pun akan menguasainya dan akan membantu akalnya sehingga hati nya pun akan terseret dengan keinginannya dan terjerumuslah dia ke dalam neraka. Semoga Allah melindungi kita dari hati yg sedemikian ini.
3- Hati yg tampak di dalamnya bisikan keinginan dan mengajaknya kepada keburukan. Maka begitu muncul hal tsb disusullah dengan bisikan keimanan dan mengajaknya kepada kebaikan. Maka bangkitlah hawa nafsunya untuk menolong keinginan kejelekan dan akan bangkit juga akalnya utnuk menolongan bisikan kebaikan tsb dan dia menolak bisikan keinginannya dan menjelek-jelekkan perbuatannya nafsu tsb. Maka demikian lah hati tersebut akan terus berjuang tarik menarik di antara kedua golongan pasukan tsb sampai nanti mana yg akan menang di hati kita dan yg lebih unggul bagi hati tsb. Maka jika yg dominan di hati itu sifat-sifat syetan maka syetan pun akan menang dan hati itu akan condong kepada yg sejenis dengan dia dari para golongan dan pasukan syetan dan dia akan lari dari golongan Allah dan Para Auliya’nya (Baca = menjauh dari para ustadz, kiyai dan ulama). Dan jika yg dominan dalam hati tersebut sifat kemalaikatan maka hati tidak akan mendengarkan lagi akan bisikan syetan dan anjuran syetan dan tidak akan menghiraukan bagaimana syetan menghinakan urusan akherat. Bahkan dia akan condong ke Golongan dan PAsukan Allah SWT dan para KekasihNya.
Yaa Allah jadikanlah hati kami hati yg ketiga dan sempurnakanlah dengan Anugerah dan pertolonganMu agar meningkat menjadi hati tipe yg pertama. Jangan Jadikan hati kami dan semua teman dan kenalan kami memiliki hati yg kedua yg terabaikan dan terpenuhi dengan sifat-sifat kejelekan dan kesyetanan yakni dengan Engkau pertemukan kepada kami orang orang sholeh yg akan selalu membimbing dan mensucikan hati kami dengan arahan, nasehat, pandangan dan doa Beliau kepada Kami.. Amiin..

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close