RENUNGAN DI AKHIR TH 1434 H

Alhamdulillah sebentar lagi kita berganti tahun dari 1434 H menjadi 1435 H … itu semua adalah waktu .. yg merupakan makhluk di antara makhluk ciptaan Allah swt. Dia akan kembali menghadap kpd Allah dan melaporkan segala apa yg terjadi di dalamnya. Jadikanlah tahun 1434 H ini sebagai saksi akan kebaikan kita di sisi Allah dengan kita menjaga dan mengisi akhir tahun ini dengan iman dan amal sholeh. sebab Rasulullah bersabda ” sesungguhnya segala urusan itu dipandang tergantung bagaimana cerita akhirnya”. Biarkanlah dia kembali kepada Allah dengan membawa¬† laporan yg baik tentang iman dan amal sholeh kita.

Saudaraku…udah berapa tahun yg kita kotori di dalamnya dengan kedurhakaan kpd Allah swt. Berapa tahun yg sudah kita lewati tapi tidak ada pertambahan kebaikan yg tampak dalam diri dan prilaku kita…? apakah yg kurang di dalam tahun tsb..? Bukankan yg memberi hidayah tetap Allah swt…? Bukankah yg memberi pertolongan kepada shohabat di Zaman dulu maka Dialah pula yg memberi pertolongan pada zaman kita sekarang…? Mengapa kita mesti mencari kambing hitam dan menyalahkan dan berkata “zamannya sekarang sudah berbeda..” Bilangan tahunnya berbeda tapi yg menciptakannya tetaplah Allah swt.

Memang Rasulullah mengabarkan “tidaklah datang suatu tahun kecuali tahun yg akan datang itu lebih buruk dari pada tahun sebelumnya”.. Apa maksudnya..? apakah berarti tidak ada kebaikan.. apakah berarti bahwa kita harus menyerah dan ikut di dalam keburukan..? Saudaraku Rasulullah SAW mengabarkan hal demikian tentu yg terjadi pasti demikian adanya. Beliau mengabarkan bukan untuk agar kita menyerah pada keburukan zaman dan menjadikan hadis itu sebagai alasan. tapi ingatlah bahwa hadis itu adalah sebuah pukulan, cambuk dan pacuan agar jika keburukan bertambah maka harus bertambah pula semangat kebaikan kalian. Jika keburukan meningkat maka tambah pulalah berbagai niat kebaikan dan segala tekad. Jika kejahatan semakain merebak.. maka tambahlah kualiatas munajat dan doa minta tolong kpd Zat yg maha Kuasa yg kebaikannya tidak bisa ditebak. Apakah kita berkeyakinan bahwa Allah di zaman akhir dan penuh fitnah ini sudah lemah..? Apakah Allah tidak bisa menyelamatkan kita dari Fitnah TV, Internet, pergaulan dan segala keburukan zaman..? Bukankah Allah tetap seperti dahulu dan sampai kapan pun bahwa Dia lah yg Maha Perkasa dan yg Menentukan..?

Kenapa tidak anda rubah di zaman TV ini bahwa TV harus menjadi sarana dan sumber ilmu dan kebaikan. Kenapa tidak anda yg merubah di zaman Internet dan FB ini .. Internet dan FB sarana dan wasilah penyebar hidayah, ilmu dan kebaikan…? kemanakah akal yg Allah berikan kepada kalian…? atau kah kalian di zaman ini sudah berubah karena waktu menjadi hewan yg tidak lagi memerlukan dan mengindahkan arahan al-Quran..?

Saudara ku …ingatlah bahwa waktu itu adalah makhluk yg kosong sedangkan kita manusialah yg mengisinya.. apakah dengan keingkaran dan amal negatif / maksiat atau dengan keimanan amal positif yakni ketaatan. Kenapa perbuatan dan kebaikan kita harus terpengaruh oleh perbuatan orang lain di suatu waktu dan zaman…? Kalau kita memang orang baik..kita akan tetap baik walau di suatu waktu banyak orang yg tidak baik. Kalau kita orang baik…kita akan tetap baik walau di suatu tempat banyak yg tidak baik. Kalau kita baik walau orang berbuat tidak baik kepada kita, maka kita akan tetap berbuat baik dan kebaikan kita tidak terpengaruh karena kita memang orang baik… Dan jika kita orang baik..kita akan mampu mengisi dan mewarnai ruang dan waktu ini dengan segala hal yg baik dengan Iman, Amal Sholeh, Menasehati dg kebenaran dan kesabaran…

Saudaraku ..Allah sudah menjadikan kebaikan itu ada pada anda..Anda adalah termasuk ummat yg terbaik. Bersyukurlah..akan nikmat tsb dan gunakan kesempatan itu untuk bener-bener membuktikan bahwa anda adalah ummat yg terbaik.. Mari di akhir tahun 1434 H ini kita mengisi segala ruang dan waktu yg kita ada di dalamnya dengan segala kebaikan baik berupa iman dan amal sholeh. Semoga di akhir tahun ini kita tercantum sebagai orang orang yg baik dan diterima segala kebaikannya dan diampuni segala kekurang baikannya karena memang kita masih punya kebaikan di akhir tahun ini…semoga..

“INGATLAH BAHWA DI SEPANJANG ZAMAN DAN DI ZAMAN APA PUN KRITERIA ORANG YG RUGI TIDAK PERNAH BERUBAH dan TIDAK AKAN DIRUBAH. MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG YG LEMAH DAN TIDAK MAMPU HANYA SEKEDAR untuk BERIMAN DAN BERAMAL SHOLEH serta SALING MENASEHATI dalam KEBENARAN dan KEBAIKAN”

Hadiah Nasehat dari Saudara kalian yg masih berusaha ingin menjadi orang baik dan lebih baik yg selalu mengharap doa kebaikan dari kalian semua..Mohon Maaf atas segala kekhilafan… Ahmad said (Abu Husen) Pembina MT Darul Futuh