Bagian I Kebrangkatan dan Persiapan Lokasi

Bismillahirrahmanirrahim.

Sahabat Darul Futuh,  sesuai dengan  agenda / Program Dakwah tahunan yang dimiliki oleh Majelis Ta’lim Darul Futuh, tepat hari ini kita bakal mengadakan kegiatan MASA atau Mabit Akhir Sanah tahun 1435 H yang ke V. Kegiatan MASA V dilaksanakan di Villa Nabila, Cikopo, Puncak Bogor. Mau tahu udah sampe mana kegiatannya? Lets check this out!

PaIMG_20131104_091242gi tadi, jamaah diminta kumpul di markas besar Darul Futuh yang ada di Komplek IPB 1, Loji Sindang Barang jam 6.30 WIB. Tapi karena satu dan lain hal, jamaah baru pada dateng jam 7. Hhe. Persiapan mulai dilakuin dengan invetarisasi peralatan dan logistik yg diperlukan, ngangkatin barang-barang ke mobil pick up, packing, cek barang-barang yang mau dibawa, dll. Rombongan berangkat dengan 3 buah mobil. Dua mobil isinya jamaah dan 1 mobil pick up khusus barang-barang dan beberapa kendaraan motor dan 1 mobil lagi menyusul.

Nah, di mobil pick up, ada jamaah yang luar biasa rela ngorbanin dirinya berpanas-panas ria demi jagaain barang-barang yakni Kang Slamet dan Kang Syaepul. Semoga amal baik mereka diterima Allah SWT :]. IMG_20131104_095220 Rombongan Panitia dan Barang mulai berangkat sekitar pukul 10 wib.  Rombongan pergi melalui jalur Pancasan-Empang. Selama perjalanan, Subhanallah, rombongan terjebak macet di wilayah Tajur dan Ciawi selama kira-kira 2 jam (Wallahu’alam :D). Setelah melewati Gadog, jalan mulai ramai lancar. Akan tetapi kemudian perjalanan tersendat di Wilayah Cipayung. Jalanan padat merayap dan kemudian lancar kembali. Saat sudah dekat dengan TKP, masyaAllah, mobil pick up yang ngangkut barang-barang keperluan MASA mengalami mogok karena karbulator yang kering. Tapi akhirnya bisa diatasi dengan ngisi air pada karbulator. Alhamdulillahirabbil’alamin, akhirnya rombongan tiba juga di lokasi sekitar pukul 13.00. Jadi, kira-kira perjalanan menghabiskan waktu 3 jam dari Sindang Barang hingga Cikopo.

Selain rombongan 3 mobil yang berangkat bareng dari markas, ada juga rombongan lain yakni, 1 angkot rombongan anak-anak hadroh Jabaru yang datang sekitar jam 15 dan  1 mobil rombongan Ustadz Ahmad Said dan keluarga beserta salah satu jemaah yaitu Pak Rifkat yang tiba sejam kemudian.

Pada pukul 15-san, panitia siap-siap memasang tenda pleton di halaman villa. Tenda Pleton ini CIMG8425luar biasa gedenya jadi butuh 10-15 orang buat masang tenda dan ngabisin waktu kurang lebih sejam. Ada kejadian menarik waktu mau masang tenda. Pas tenda mulai dibuka, ternyata karena memang hanya setahun sekali dibuka, tenda tersebut jadi tempat sarang semut. Selain itu, juga tali yang biasa dipake untuk masang patok, itu udah pada “bobo” alias gampang putus, rapuh gitu. Dengan kerja sama antara panitia generasi muda dan sesepuh, akhir tenda pleton berhasil didirikan. Alhamdulillah. Pasang-pasang tenda ditutup dengan makan bareng 1 nampan 5 orang di halaman hijau villa dengan menu nasi padang. :9

Pe IMG_20131104_165151rsiapan  terus dilakukan di dalam tenda seperti menyiapkan listrik dan lampu di tenda, kamera, sound system, proyektor dan lain-lain. Setelah selesai, kegiatan di mulai dengan membaca doa Akhir tahun yang dibaca sekitar pukul setengah 6 sebelum magrib. Hujan rintik-rintik menemami perjalanan menutup akhir tahun 1434 H. Semoga semakin menambah terbukanya pintu pengkabulan doa saat menyambut awal tahun 1435 H. Sebagaimana dalam Hadis dinyatakan  “Dua hal doa ga ditolak sm Allah di antaranya doa yang dipanjatkan di bawah rintik hujan”  Aamiin. ……………..bersambung

IMG_20131104_162147 IMG_20131104_082916 IMG_20131104_084201                                                                                                                                                                                  IMG_20131104_084336 IMG_20131104_085053 IMG_20131104_090125

 

 

 

 

 

Bagian II Acara Inti MASA 5  yakni Pembacaan Doa Akhir dan Awal Tahun

Alhamdulillah …

Sahabat  Darul Futuh. Kita kali ini akan menyampaikan liputan acara yg biasa disebut dengan acara inti dari IMG_20131104_173951sekian banyak program acara di dalam Program Dakwah Tahunan Masa ke 5 ini, yakni pembacaan doa akhir dan awal tahun.  Pembacaan doa akhir tahun mulai dilaksanakan kira-kira 30 menit sebelum maghrib. Acara dilanjut dengan sholat maghrib berjamaah dan setelah wirid ba’da sholat 5 waktu yg biasa selesai baru dilanjutkan dengan pembacaan doa Awal tahun. Kenapa ini disebut acara inti? Hal ini tidak lain karena mengacu kepada sabda Rasulullah SAW : الدعاء مخ العبادة  “doa itu adalah inti dari pada ibadah” (HR Tirmizi). Dari situlah maka tidak heran jika Ustadz kita sering mengatakan jika ada jamaah yg berhalangan tidak bisa hadir mengikuti secara utuh, Beliau berkata “gpp pak..!  yg penting hadir mejelang maghribnya, biar bisa ikut doa bersama yakni  membaca doa akhir dan awal tahun”. Bagaimana dengan sahabat Darul Futuh di rumah dan kampung masing-masing..? sampai usia sekarang ini sudah berapa kali membaca doa akhir dan awal tahun..?

Sahabat Darul Futuh ..tepat pukul 17.35 wib acara pun dimulai sesuai dengan jadwal. Para peserta pun ternyata belum semua yg terdaftar datang sesuai jadwal. Yaah maklumlah masih macet atau masih ada kesibukan. Dan IMG_20131104_175443Alhamdulillah sahabat Darul Futuh, justru penduduk setempat, yakni kurang lebih 10 orang beserta salah satu tokoh Masyarakat atau kasepuhan di kampung tempat lokasi MASA 5 ini, bisa dan berkenan hadir tepat waktu mengikuti doa bersama dengan jamaah MT Darul Futuh di tenda yg sudah disiapkan. Semoga kehadirannya bisa menambah keberkahan acara kita ini. Iyaa sebagaimana dalam hafalan Hadist jamaah MTDF di kitab Hadis Syifa’ussaqim disebutkan: البركة مع أكابركم (رواه الحاكم)  “keberkahan itu (adanya) bersama para kasepuhan kalian” (HR Al-Hakim).

Sahabat DF, selanjutnya lembar Foto copy Doa Akhir dan awal tahun pun dibagikan ke seluruh jamaah oleh panitia sehingga jamaah bisa khidmah mengikuti doa bersama. Sebagaimana biasa dalam setiap acara, sebelumnya mesti didahului atau dibuka dengan pembacaan surat al-Fatihah. Hayoo keIMG_20131104_182330napa ..? Sahabat Darul Futuh tahu ga dalil atau alasannya…? Jangan sampai kita sering mengamalkan sesuatu tetapi tidak mengerti dalil atau alasannya sehingga mudah diprovokasi oleh golongan pemecah belah ummat yg suka menuduh bid’ah jika ada amalan yg dilakukan oleh ummat Islam. Mau tahu dalilnya…ikuti terus yaa laporan kami berikut..!! dan doa bersama pun dimulai yg dipimpin langsung oleh guru kita, Pembina MT Darul Futuh ust Ahmad Said. Beliau membaca dulu beberapa kalimat kemudian ditirukan oleh jamaah secara serentak dan demikian sampai akhir doa. Setelah selesai Beliau membaca lagi dari awal atau diulang sampai tiga kali.

TeIMG_20131104_175624pat setelah tiga kali doa bersama dibaca, Azan maghrib pun terdengan berkumandang dari masjid di sekitar lokasi MASA. Maka salah seorang di antara jamaah pun (yakni Kang Zein) ditunjuk oleh ustadz untuk mengumandangkan azan. Para jamaah pun dengan khidmat mendengar lantunan azan dan menjawab sebagaimana disunnahkan dalam hadist. Setelah selesai kita pun membaca doa azan bersama dan dilanjut pembacaan dzikir sambil menunggu jamaah lain bersiap-siap mengambil air wudhu untuk mengikuti sholat maghrib berjamaah di tenda. Begitu sudah siap semua sholat berjamaah dimulai diimami oleh ustadz kita. Oh iyaa sahabat…di tengah acara doa bersama tadi ada juga berapa jamaah yg baru datang. Yaah bagus lah masih kebagian acara dari pada tidak sama sekali.

Setelah berjamaah sholat maghrib, dzikir ba’da sholat acara pun dilanjutkan dengan pembacaan Doa Awal Tahun. Setalah pembacaan doa untuk lebih memantapkan kita, ustadz pun menjelaskan makna dan arti dari doa akhir dan awal tahun yg tadi telah dibaca. Wah sahabat Darul Futuh sekalian ternyata arti dan makna doanya sangat dalam. Bahkan ada keterangan dalam kitab Kanzun Najah wa As-Surur, Para Ulama mengatakan : “Siapa yg membaca doa akhir tahun ini 3 x maka syetan akan berkata : waah celaka dan sia-sia kerjaan ku setahun ini menggoda manusia ini, karena dia bisa merusakkannya semuanya hanya dengan sesaat (membaca doa akhir tahun)”. Bagaimana …?? Mantap bukan…!! SEmoga Syetan kita masing-masing menjadi rugi, menyesal dan gagal upayanya menggoda kita selama setahun 1434 H kemarena. Sebab Allah yg Maha pemurah dan pengampun pasti berkenan mengampuni dan menerima doa kita di akhir tahun ini sebagaimana JanjiNya di dalam Al-Quran. Amiin.. (bersambung ke Bagian III)

Foto-Foto Doa Bersama :

IMG_20131104_183859 IMG_20131104_182524  IMG_20131104_185718

IMG_20131104_182515IMG_20131104_182606IMG_20131104_182836