Maulid Arba’in 1443 H
Bersama Ustadz Ahmad Sa’id Pimpinan Ponpes Darul Futuh Bogor – Alumni Tarim Hadromaut Yaman
Lokasi : Ponpes Darul Futuh
Waktu & tanggal : 20:00 – 7-10-21
MALAM KE-1

 

[Ingin tau cara Nabi Berdakwah? Simak penjelasan dari Ustadz Ahmad Sa’id via Youtube di link :

https://youtu.be/gLsKmvnR1bI
_____________

Ada beberapa Fadilah ummat Nabi Muhammad, yang dulu pernah kita baca di majlis darul hikmah – kitab Sabilul Id-dikar. Diceritakan bahwa Ada 13 fadhilahnya di dalam Kitab taurot, akhirnya sampai nabi Musa ngiri banget (semua yang punya nikmat itu pasti di iri, Rosululloh itu paling banyak yang ngiri sama beliau, karena beliau mendapatkan nikmat paling besar. Begitupun juga ummatnya)

Setelah Nabi Musa mengetahui & mendengar itu, beliau 13 kali minta keutamaan2 tersebut tapi ditolak oleh Allah. Sampai akhirnya beliau minta ingin jadi ummatnya Nabi Muhammad. Akhirnya Nabi Musa ditegur oleh Allah : “Saya sudah memilih engkau ya Musa sebagai Rosul” (bayangkan pangkat kerosulan Nabi Musa itu pengen beliau copot demi menjadi ummatnya Nabi Muhammad)

Orang-orang demi dunia begadang sampai kerja sift 3 aja di bela2in, masa kita gak bisa berkorban di bulan Rabiul Awwal ini untuk bisa istiqomah maulid 40 malam ?

Kita ini dimuliakan oleh Allah. Dikasih umur 60-70 sudah meninggal supaya gak lama-lama ibadah. Coba kalo dikasih umur sampai 200-300 tahun? harus ibadah terus, apa gak capek? Coba kalo kita ngaji sampe 950 tahun seperti Nabi Nuh? (Jadi umur pendek ini adalah salah satu nikmat yang tidak kita sadari)

Kalo umurnya kita pendek berarti ibadah kita cuma sedikit dong? Berarti bisa kalah derajat dong sama ummat terdahulu yang umurnya panjang2 otomatis ibadahnya lebih banyak?
Itulah keistimewaan ummat Nabi Muhammad, walaupun umur kita pendek, tapi kita di beri kelebihan setiap romadhon dengan pahala1000 bulan. (Otomatis bisa kelewat pahalanya ummat2 terdahulu yang umurnya panjang2)

Orang diluar sana, demi dunia ngebela2in apa saja (pengorbanan). Sementara kita ini masih berjuang, itupun perjuangan belum demi nabi, tapi baru memantaskan diri, mudah2an bisa benar2 berjuang demi nabi.

Kita masuk bulan Rabiul Awwal ini apa niatnya? Maka perlu Kita niatkan seperti para masayikh kita, para habaib. Kita harus menampakkan kegembiraan dalam bulan2 agung seperti ini. (Bulan kelahiran Nabi)

Seperti dalam kitab simtuddurror. :
“Semuanya mengumumkan, yang dilangit & dibumi, dan semua yang di antara langit & bumi, semuanya menyambut kedatangan Rosululloh”

Kita harus Kelihatan berseri, bahagia, ketika kelahiran Nabi Muhammad ﷺ

Mencintai nabi itu gak perlu pake dalil. Cuma orang gak berakal yang gak seneng dengan kelahiran Nabi. Jangankan kelahiran nabi, kambing kita lahiran aja seneng.

Kesenangan Kepada kelahiran Nabi Itu harus kita tampakkan. Karena orang sekarang senengnya macem2, ada yang seneng musik, seneg kontes, dsb. Semuanya mereka tampakkan.

Kita niat di bulan ini apa yang mudah kita baca. Bacalah siroh di bulan ini, baca kitab2 khosois (keistimewaan nabi), kitab2 syamail, baca kitab2 dalail (dalil2 bukti kenabian)

Karena di zaman ini, ada sebagian orang yang berpendapat “kenapa kita ngikutin orang yang sudah mati” (Rosululloh) dan celakanya kita gak bisa ngebantah omongan mereka ini. (Dikarenakan kita gak punya ilmu untuk membantahnya)

Ahmad Aidit itu dulunya seorang santri, tapi Akibat salah pergaulan, sering baca2 buku tentang PKI, ketika membacanya gak bisa membantah faham marxisme, lenimisme akhirnya ikut sama PKI (karena kurangnya ilmu tentang dalail nubuwwah)

Baca juga kitab2 tentang Mukjizat Nabi. bahkan Mukjizat Nabi itu sampai sekarang gak habis2, setiap tahun, setiap zaman ulama terus menemukannya di dalam Al-Qur’an.

Kita harus tau Hak Nabi Atas ummatnya. kalo ada yang mengejek Nabi itu hukumnya wajib dibunuh

Ada cerita di zaman say.Umar, ada anak2 muda main bola, akhirnya bola tersebut di tendang nyasar kerumah pastur. Ketika mereka meminta bola tersebut gak dikasih, yang ada malah pastur ini mengejek Nabi. Akhirnya di pukuli pastur tersebut oleh anak2 muda ini sampai mati.
Terdengarlah laporan ini kepada say.Umar. lalu anak2 muda ini ditanya kronologinya. Lalu mereka menjawab :
“Kita minta baik2 gak dikasih, kita minta demi kemuliaan Nabi gak dikasih, Malah Nabi diejek. Akhirnya langsung kita timpuk pastur itu”
Dijawab oleh Say.Umar :
“Gak ada keadilan bagi dia (pastur tadi). Halal darahnya”

Hukum Ini sudah kesepakatan ulama. Ini harus dihidupkan kembali. Baca kitabnya imam Qodi’iyat tentang hak2nya Nabi.
Ada bab khusus tentang harom & wajib dibunuh (ketika mendengar nabi di olok2) artinya kalo kita meninggalkan, diam saja ketika mendengar Nabi di ejek maka kita kena dosa.

Ada cerita Syekh Yusuf Ismail an-Nabhani (seorang Qodhi)
Datang kepada beliau sebuah kasus, Ada orang maki2 Nabi lalu dibunuh sama anak muda. Akhirnya anak muda itu disidang, ditanya apa sebabnya dia membunuh.
Dijawab :
“orang itu maki2 Rosululloh”
Ditanya lagi oleh syekh Yusuf :
“Dengan tangan mana kamu membunuhnya”
dijawab :
“Dengan tangan kanan”
Akhirnya syekh Yusuf Turun dari tempat duduk Qodhi lalu mencium tangan kanan anak muda tersebut.
Beliau berkata :
“Ana turun jadi Qodhi, karena ana gak bisa menghukum orang yang membela Nabi” (berkat anak ini kita gugur dari dosa karena penghina Nabi hukumnya wajib dibunuh)
akhirnya beliau pindah ke madinah, sampai akhir hayatnya meninggal dekat dengan Nabi.

Kitab yang juga harus kita baca Mukhtasor Dalaailunnubuwwah (imam Abu Nu’aim)

Secara global yang berkaitan dengan Nabi itu ada 6 poin :
1. Taat kepada Allah & Nabi
2. Perbanyak solawat & rutin minimal 300 x sehari.
3. Bagaimana bisa cinta kepada Nabi (cari caranya)
4. Ahlak yang baik
5. Menjamin & memelihara anak yatim & anak perempuan (memelihara yatim itu bukan nyumbang pas bulan muharom doang setahun sekali, tapi dalilnya : “Sebaik2nya rumahnya orang muslim itu rumah yang ada anak yatimnya”)
6. Jadi pedagang yang jujur, terpercaya (ada riwayat di syifa’ussakiim : pebisnis yang jujur itu bakal bersama para Nabi)

Disebut para ulama ensiklopedi Nabi Muhammad (mausu’ah)
1. Dalail Nubuwwah
Ilmu yang memperhatikan tentang tanda2, bukti2 & ayat yang memiliki Tanda2 kenabian. Baik tanda bukti tadi dalam rangka menantang, atau tiba2 muncul begitu saja dari Nabi. Buahnya ilmu ini kita bisa bersaksi, Supaya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti Nabi
2. Siroh
Perjalanan hidup Nabi mulai lahir sampai meninggal (kadang ditambahi sebelum kelahirannya)
3. Khosoois
Segala yang diistimewakan hanya bagi Nabi. Nanti dibagi menjadi 4 :
Kewajiban, keharoman, kemubahan, Fadhoil (keutamaan bagi nabi)
4. Syamail
Satu ilmu yang khusus menyebutkan sifat2 ahlak perangai & hal-ihwalnya Nabi. Kadang ada sifat yang bisa ditiru, ada juga yang gak bisa ditiru

Ada kisahnya Abuya Al-Maliki – diceritakan oleh Habib Tohir.
Di akhir hayatnya beliau berpenampilan beda. Ketika ditanya kepada beliau : “ya syekh syariat kan ngasih waktu ke kita urusan cukur mencukur setiap 40 hari”. Lalu dijawab oleh beliau :
Rosul datang kepadaku lalu memerintahkan Jangan dicukur rambut. aku menanyakan kenapa? Lalu Rosululloh menjelaskan bahwa beliau tidak mencukur rambut ketika umur sekian.

KITAB TENTANG PETUNJUK NABI ZAADUL MA’AD
Yakni sejarah hidup Nabi & apa hikmah dalam setiap kejadian. Seperti yang pernah kita bahas & contohkan, Nabi itu menikah ketika berumur 25 tahub taou bukan berarti Sunnahnya nikah itu umur 25. Karena setelah itu Nabu kan menikah lagi. Gak bisa kita nge-dalil kalo sunnah Nabi itu menikah di umur 25. Tapi kita Harus mempelajari & memahami faktor, latar belakang sejarahnya dulu kenapa Nabi Menikaj di umur 25 tahun.

HAK-HAK NABI kitab ASY-SYIFA imam QODI’IYAT
ilmu tentang hak Nabi bagi ummatnya termasuk pondasi pokok yang kedua (sebabnya ada dalam syahadat) jangan sampai kita bersyahadat tapi kita gak tau hak2nya Nabi.

HADIST2 NABI – diantara kitab yang terkenal yaitu kitab RIYADHUS SOLIHIN

Mudah2an kita bisa ngecash sebulan ini selama 40 hari ikut Maulid Arba’in (dalilnya Nabi musa disuruh tirakat selama 40 hari) dan semoga dimudahkan oleh Allah untuk bisa istiqomah.

Wallohu ‘alam
Semoga Bermanfaat

Redaksi : Abu Faqih